Rabu, 06 Februari 2013

Pesona Pantai Pangandaran

sore itu kami baru memutuskan untuk menyambangi pantai selatan pulau jawa tepatnya pantai pangandaran, yang terletak di desa  pananjung kecamatan pangandaran kabupaten ciamis jawa barat tidak kalah dengan pantai selatan lainnya, pantai pangandaran ini mempunyai ombak yang cukup besar dan memiliki keistimewaan diantaranya  kita bisa  :  Dapat melihat terbit dan tenggelamnya matahari dari satu tempat yang sama, dengan melihat  Pantainya landai dengan air yang jernih serta jarak antara pasang dan surut relatif lama sehingga memungkinkan kita untuk berenang dengan aman.disana juga Terdapat pantai dengan hamparan pasir putih. Dan hal yang menarik buat kami adalah keberadaan Tempat pendaratan tentara Jepang semasa perang dunia II oleh karenanya di sana masih terdapat beberapa gua pertahanan bala tentara Jepang yang dulu dijadikan tempat-tempat persembunyian tentara Jepang yang berniat menyerang tentara Belanda.

Dan karena hal tersebut diatas kami ingin menikmati hawa yang berbeda di dataran rendah di pantai itu, kami memutuskan untuk berlibur disana menggunakan jalur darat dan model transportasi umum ( bus )
Tidak terlalu susah utuk mencapai kawasan itu, kami berangkat dengan meeting point kampong rambutan, sebuah terminal besar yang berada di Jakarta timur tepatnya kp. Rambutan kami memulai perjalana  ini dengan bus yang nyaman. Adapun bus yang kami tumpangi adalah bus jurusan Jakarta –banjar karena kami baru sekali ini mencoba, sebenernya bus yang bisa di pilih ada banyak diantaranya bus jurusan :
  1. Bus Jurusan Bandung - Tasikmalaya-Banjar - Pengandaran
  2. Jakarta Bus Jurusan Kp.Rambutan - Pangandaran
  3. Bus Yogyakarta - Cilacap - Kalipucang – Pangandaran
Atau jikaa tidak  ingin berlama2 di perjalanan bisa menggunakan alternative naik pesawat dan tentunya sudah keluar jalur backpacker alias mahal hehehehe
*       Jalur Udara Menggunakan Pesawat Susi Air
  1. Bandung Bandara Husen Sastranegara - Pangandaran Bandara Nusawiru
  2. Jakarta Bandara Halim Perdanakusuma - Pangandaran Bandara Nusawiru
Sesampainya di pangandaran, kami turun di terminal kecil yang menjadi tempat terakhir sebelum kami memasuki kawasan pantai , tidak terlalu jauh dari terminal tersebut, sekitar 30 menit dengan berjalan kaki atau naik becak 15 menit, kami tiba di perkampungan yang terdapat penginapan dari berbagai pilihan. Penginapan  rata –rata mulai dari 100-700 permalam saat musim liburan tiba.

Setelah kami mendapatkan penginapan yang sesuai dengan budget yang kami punya, kami berisitirat sejenak sebelum kami memulai explorasi di kawasan pantai. Pantai pangandaran ini cukup rame pengunjung dan terbilang pantai nya panjang, seperti halnya pantai lain di sekitar pantai ini banyak sekali pedagang khas pesisir dari oleh2 hingga pakaian semuanya ada, kami menyisir pantai dengan berjalan kaki di hari pertama dan menikmati gulungan ombak yang hari itu menjelang sunset, dan menunggu senja datang.

Keesokan harinya kami kembali menyusuri pantai menggunakan motor besar yang di sewakan sepanjang jalan dengan tariff  75-100 ribu kami bisa mengelilingi pantai ini dengan mudah dan tidak capek , dan setelah sewa nya habis kami kembalikan kepada penyewa dan kami beralih menaiki perahu sewaan untuk mengunjungi pantai pasir putih dan gue jepang, tidak dibutuhkan waktu lama untuk menuju lokasi tersebut, dengan ongkos 10 ribu perorang atau sewa kapal dengan tariff 150  sekali perjalanan kami bisa menepi di pantai pasir putih dan jalan-jalan di pulau.

Terdapat situs bersejarah peninggalan penjajah jepang, di pulau ini ada beberapa gua yang sengaja dibuat di tepi pantai. Di kawasan semenajung itu juga terdapat banyak sekali monyet dan satwa lainnya seperti burung. dan pesisir yang surut . juga jembatan yang menghubungkan daratan dan semenanjung pasir putih

dan masih banyak lagi tempat yang dikunjungi selain pantai ada air terjun,tetapi kami tidak sempat mampir karena terbatas nya waktu dan kami harus segera kembali ke jakarta di sore harinya.